6 Manfaat Daun Mint Yang Harus Kamu Ketahui

Buka Info
6 ManfaatDaun Mint Yang Harus Kamu Ketahui Sahabat buka info yang berbahagia kali ini akan share enam manfaat daun mint menurut di dalam dunia kesehatan. daun mint ini memiliki kaya cita rasa yang khas. Keunikan dari rasanya yang menyegarkan dan memberikan sensasi dingin pada mulut membuat daun mint kerap dijadikan bahan tambahan untuk memperkaya cita rasa pada makanan dan minuman.  Daun mint ini selain biasa digunakan sebagai penghias sajian makanan, 

daun ini juga kerap dijadikan sebagai bahan pendukung pembuatan permen mint atau pasta gigi. Tidak hanya itu, daun mint yang termasuk kelompok tanaman herbal ini turut memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita jika mengomsumsinya. bagi sahabat yang menyukai aroma daun mint pada makanan, minuman atau bahkan produk-produk jenis lainnya, maka sahabat adalah orang yang beruntung karena ternyata kebaikan daun mint untuk tubuh ada banyak manfaatnya untuk kesehatan,berikut ini manfaatnya:  

Baca juga: Obat Alami Untuk Asam Urat Dan Rematik Yang Ampuh


1.    Baik untuk kesehatan gigi
Pada pasta gigi ataupun obat kumur yang diperkuat oleh dasar daun mint tentu mudah untuk sahabat jumpai. Selain untuk memberikan efek segar, kandungan daun mint yang terdapat pada pasta gigi dan obat kumur memiliki fungsi membunuh bakteri jahat yang menempel di gigi, gusi, dan dinding mulut.
2.    Dapat melegakan pernapasan
Di dalam kandungan mentol yang terkandung dalam daun mint dapat  melegakan saluran pernapasan hidung dan mengencerkan lendir di hidung. Oleh karena itu, tanaman herbal ini dapat digunakan untuk mengurangi gejala alergi terhadap partikel di udara seperti debu dan serbuk bunga.
3.    Mengatasi masalah ketombe
Ada beberapa produsen produk kecantikan menjadikan mint sebagai bahan dasar sampo karena aromanya yang begitu segar dan bersifat menenangkan. Tidak hanya itu saja, daun mint dapat mengatasi berbagai masalah ketombe pada rambut dan menyegarkan kulit pada  kepala.
4.    Meredakan sakit perut
sahabat bisa juga untuk mencoba meminum teh daun mint untuk meredakan sakit perut yang mengganggu. Cara membuatnya mudah, cukup dengan menyeduh satu sendok makan daun mint ke dalam air panas. Kandungan mint dalam teh daun mint dapat melemaskan otot-otot saluran pencernaan dan mengurangi kram perut.
5.    Sebagai scrub untuk kaki
Minyak essensial yang terbuat dari daun mint dapat dijadikan sebagai scrub untuk kaki sahabat. Untuk pemembuatnya sangatlah mudah, campurkan 7 tetes minyak esenssial mint dengan 1 gelas garam laut dan 1/3 cangkir minyak zaitun. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, scrub yang terbuat dari minyak esensial daun mint ini dapat meredam nyeri otot kaki Anda.
6.    Meredakan sakit kepala
Sahabat siapa yang menyangka bahwa daun mint dapat  mengatasi sakait kepala. Sakit kepala tegang biasanya muncul ketika sahabat ketika mengalami stres atau cemas berlebihan. Dalam sebuah penelitian mengoleskan minyak mint pada dahi dan pelipis dapat meredakan rasa sakit kepala.Sakit kepala yang di akibat konsumsi minuman beralkohol berlebihan juga bisa diredakan dengan olesan minyak mint di sekitar pelipis. Sahabat daun mint memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bagi tubuh. Meski begitu, rupanya penggunaan daun mint juga dapat memberikan efek samping. Efek samping dari produk berbahan daun mint dapat berupa timbulnya rasa gatal-gatal, sesak napas akibat alergi, hingga menimbulkan rasa nyeri ulu hati. Segera konsultasikan kepada dokter jika timbul efek samping atau keluhan awal yang ingin diredakan justru menjadi makin parah. Boleh mengomsumsi daun mint asalkan sesuai dengan takaran yang baik dan benar dan tidak berlebihan. Sekian dari buka info semoga dapat bermanfaat artikelnya. Terimakasihhhh.