Pola Makan Hidup Sehat Terbaru



Pola Makan Hidup Sehat Terbaru Sahabat yang berbahagia kali ini buka info akan share sedikit ilmu kepada rekan sahabatku yang setia, bagaimana cara kita tetap selalu fit, and sehat selalu badan ini kuncinya ialah bagaimana cara menjaga pola makan yang harus tetap sehat. Sahabat dalam menjalani hidup sehat dan menjaga pola makan selalu terjaga dengan baik bukanlah hal yang mudah. Agar kita selalu terhindar dari risiko berbagai serangan penyakit jantung dan mengurangi risisko kematian akibat penyakit jantung, salah satunya ialah dengan harus membiasakan kita untuk mengomsumsi makanan sehat untuk jantung kita.
 
Supaya kita terhindar dari penyakit jantung ialah haruslah mengurangi atau kalau bisa menghindari makanan yang siap saji, dan masakan yang serba instan karena jika terlalu sering mengomsumsi makanan instan dapat memperbesar risiko terkena berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya. Contoh penyakit yang sering terjadi ialah adanya penyumbatan saluran darah yang dapat berujung kepada serangan jantung. Dan pada umumnya makanan siap saji ini banyak mengandung garam yang tinggi jadi dapat menyebabkan kita terkena serangan hipertensi juga.

Jika kita ingin terhindar terkena serangan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, kita harus membiasakan untuk menjalani pola hidup yang sehat. Ada sebuah penelitian yang memperkuat data ini ialah menjelaskan bahwa dengan melakukan kebiasaan yang sehat, seperti melakukan olah raga yang teratur, menghindari untuk merokok, mengomsumsi makanan yang sehat, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 82 % .

Kumpulan Makanan Yang Sehat
Sahabat yang berbahagia di sini akan menjelaskan ada beberapa kumpulan makanan yang sehat, dalam menjaga tubuh tetap sehat dan pola makan tetap sehat ialah salah satunya jenis makanan yang sehat yang harus terpenuhinya.


Supaya kesehatan jantung kita tetap selalu terjaga dengan baik maka jantung kita harus tetap terjaga sehat agar dapat bekerja dengan maksimal, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayuran dan buah bermanfaat membantu melindungi tumbuhan dari kuman, jamur, hama, pengganggu. Dan bagi manusia senyawa ini sangat berguna membantu tubuh bekerja dengan baik.
Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat menyehatkan jantung kita:

1.    Kacang
Sahabat perbanyak makan kacang seperti kacang merah hingga tiga cangkir seminggu. Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. Hal ini dapat mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Di samping itu, kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

2.    Buah Apel
Sahabat bahwa menurut suatu penelitian, mengonsumsi satu hingga dua apel per hari kemungkinan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian tersebut menemukan bahwa apel efektif mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Hal ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu quercetin dan pektin.

3.    Buah Anggur
Sahabat buah anggur diduga berpotensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini karena buah anggur mengandung serat dan senyawa quercetin. Quercetin tampak bisa melindung pembuluh darah dari penyumbatan. Walau efek anggur pada kesehatan jantung masih perlu diteliti secara lebih menyeluruh, Anda bisa mencoba memasukkan anggur sebagai salah satu pilihan buah sehari-hari.

4.    Buah Beri
Ragam buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan camilan sehat. Buah beri yang kaya akan serat dan antioxidan diduga mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, rasa manis dalam buah beri tidak memicu diabetes. Penelitian mengenai efek buah beri dalam melindungi kesehatan jantung masih perlu dikaji lebih lanjut.

5.    Biji-Bijian
Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini karena biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral. Mineral yang dimaksud adalah seperti zat besi zinc, dan magnesium.

6.    Bawang
Bawang putih diketahui tidak memengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsumsi. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung karena makin banyak konsumsi garam, maka makin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.
Batas asupan garam harian adalah tidak lebih dari 5-6 gram per hari atau setara dengan 2000-2400 mg natrium per hari. Sedangkan bagi orang yang memiliki risiko penyakit jantung, konsumsi natrium maksimal adalah 1.500 mg.

7.    Kubis
Selain kaya akan fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung, kubis juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium dan zat besi. Oleh karenanya, Anda dapat menambahkan kubis ke dalam salad atau menu sayuran Anda.


Sahabat selain kita untuk mengomsumsi makanan yang sehat dan menjaga pola makanan yang sehat agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan sehat ialah kita harus membatasi untuk asupan garam tidak berlebih dari 5-6 gram perharinya, kita juga harus slalu rajin untuk melakukan olah raga dengan rutin dan menghindari minuman keras, merokok agar tubuh tetap selalu sehat dan jantung senatiasa kuat dalam memompa darah keseluruh tubuh kita dengan baik dan secara maksimal. Sekian informasi yang buka info dapat bagikan, semoga bermanfaat ya sahabat selamat untuk mencobanya. Terimakasihhhhh.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Pola Makan Hidup Sehat Terbaru"

  1. Thx utk infonya.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/performa-gowes-bisa-lebih-cepat-dengan-konsumsi-ini/

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih telah mampir dalam blog yang masih sederhana ini. semoga bnyak bermanfaatnya

      Delete