Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Meredakan Penyakit

Buka Info
0


 
Sahabat buka info yang berbahagia kali ini buka info akan berbagi sedikit tentang tanaman herbal seperti mahkota dewa yang berguna dalam bidang pengobatan. Sahabat buah mahkota dewa yang sering di sebut dengan (Phaleria macrocarpa[Scheff] Boerl). Mungkin sebagian dari sahabat belum terlalu tahu tentang mahkota dewa ini, walaupun namanya sering kita dengar. Mahkota dewa bisa di temukan ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias atau di kebun kebun sebagai tanaman peneduh. Asal tanaman mahkota dewa masih belum di ketahui banyak orang yang memperkirakan tanaman ini populasi aslinya dari tanah papua, irian jaya. Hal ini karena nama ilmiahnya adalah phaleria papuana. Di sana memang bisa di temukan tanaman ini. 


mahkota dewa merupakan tanaman perdu menahun. Dapat tumbuh subur di tanah yang gembur dan subur pada ketinggian 10-1.200 m di bawah permukaan laut.batangnya bulat, dengan permukaanya yang kasar, warnanya coklat, berkayu dan bergetah, tinggi pohon sekitar 1-1.5 meter. Daun bertangkai pendek dengan ujung dan pangkal runcing, tepi tidak bergerigi atau rata, permukaan licin, warnanya hijau tua. Mahkota dewa dapat berbunga sepanjang tahun, letaknya tersebar di batang atau ketiak daun, bentuk tabung, berukuran kecil, berwarna putih, dan harum. Buah bentuknya bulat dan kecil dengan permukaan licin, beralur. Pada buah muda warnanya hijau dan merah setelah masak. Daging buah berwarna putih, berserat, dan berair, biji bentuknya bulat dan keras, berwarna coklat, berakar tunggang dan berwarna kuning kecoklatan. Jika kita ingin memperbanyak tumbuhan ini dapat di lakukan dengan mencangkok batangnya atau menanam dengan bijinya.


Nama daerah untuk mahkota dewa adalah simalakama (melayu), Makutadewa, Makuto mewo, Makuto ratu, Makuto rojo (Jawa). Sedangkan nama asingnya adalah Simplisia phaleriae Fructus (Buah mahkota dewa).

Buah mahkota dewa dapat berkasiat dapat menghilangkan gatal (antipruritus) dan anti kanker, tetapi biji tanaman ini beracun.
Contoh penggunaan di masyarakat indonesia:
Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?

Bagian yang digunakan sebagai obat adalah daun, daging, dan kulit buah. Daun dan kulit buahnya dapat digunakan saat masih segar, sedangkan daging buahnya di gunakan setelah di keringkan.
Apa rahasia di balik mahkota dewa?

Senyawa yang terkandung dalam mahkota dewa adalah senyawa lignan yang termasuk dalam golongan polifenol dan senyawa syringaresinol, alkaloid, saponin, dan polifenol (lignan). Kulit buah mengandung alkaloid, saponin, dan flavonoid. Sekian informasi yang buka info sampaikan semoga banyak bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Post a Comment

0Comments

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Post a Comment (0)