Komunikasi Informasi Dan Edukasi Gizi Seimbang

Buka Info


 
A. Sasaran
Tujuan dari kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) adalah untuk merubah perilaku sesuai dengan pesan yang disampaikan. Agar penyampaian pesan dapat terlaksana dengan berhasil guna dan berdaya guna (efisien dan efektif) maka tahap awal dari kegiatan tersebut adalah menentukan siapa sasaran yang akan dituju. Prinsip dalam menentukan sasaran KIE Gizi Seimbang adalah “Sasaran bukan hanya sebagai objek saja tetapi juga sebagai subjek”. Dalam kaitan dengan tujuan KIE Gizi Seimbang untuk merubah perilaku seluruh lapisan masyarakat, maka sasaran dari KIE Gizi Seimbang adalah :
1. Sasaran utama :
a. Masyarakat dari berbagai kelompok usia
b. Masyarakat dari berbagai lapisan ekonomi
c. Masyarakat dari berbagai lapisan pendidikan
2. Sasaran antara :
a. Penentu kebijakan
b. Pengelola Program
c. Lembaga Swadaya Masyarakat
d. Kader
e. Organisasi Profesi
f. Media Massa
g. Dunia Usaha
h. Mitra Pembangunan Internasional
i. Lembaga pendidikan:
1) Sekolah : TK, SD, SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi
2) Madrasah : RA, MI, MTs., MA, PTAI
3) Pondok Pesantren
j. Lembaga sosial dankeagamaan
k. Kelompok Komunitas
B. Metode
Setelah sasaran ditentukan, tahap selanjutnya adalah menentukan metode yang tepat agar proses penyampaian pesan dapat berjalan dengan baik dan benar. Metode yang dipilih adalah metode yang dapat mengembangkan prinsip “komunikasi partisipatif/komunikasi dua arah” yang dilaksanakan baik secara formal maupun informal. Jenis metode yang perlu dilaksanakan dalam KIE Gizi Seimbang adalah :
1. Penyampaian secara langsung yaitu :
a. Social marketing/pemasaran sosial seperti kampanye, penyuluhan, pencanangan, siaran melalui media, penyebaran melalui media cetak, penyebar luasan melalui media sosial misalnya facebook, twitter dan Internet
b. Melalui lomba
c. Sayembara
d. Pengangkatan seorang duta Gizi Seimbang sebagai panutan untuk memotivasi perubahan perilaku
2. Penyampaian secara tidak langsung seperti :
a. Pelatihan dan pendidikan secara berjenjang
b. Semiloka/lokakarya/sarahsehan
c. Pembentukan kelompok diskusi terarah (Focus Group Discussion)
C. Media dan Alat
Agar metode yang dipilih dapat berjalan efektif dan efisien, perlu didukung dengan media dan alat yang tepat. Berbagai media dan alat yang tersedia di masyarakat dapat digunakan secara optimal. Media yang dapat dapat digunakan dalam kegiatan KIE Gizi Seimbang adalah:
1. Media elektronik seperti radio, televisi, bioskop, telepon dan video
2. Media cetak seperti koran, majalah, brosur, leaflet, booklet, kalender, lembar balik dan buku saku
3. Media online seperti web, facebook, twitter dan youtube
4. Media audio seperti lagu, jingle dan yel - yel.
D. Lingkup Materi
Sesuai dengan tujuan KIE untuk mengubah perilaku maka lingkup materi sebagai pesan yang akan disampaikan harus jelas, mudah dipahami, mudah dimengerti dan mudah dipraktekkan. Dalam kaitan dengan pendidikan Gizi Seimbang yang bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat ke arah “pola konsumsi gizi seimbang”, materi yang akan disampaikan meliputi :
1. Pengertian dan prinsip Gizi Seimbang
2. Pesan Gizi Seimbang baik yang bersifat umum maupun khusus
3. Slogan dan visual Gizi Seimbang
4. Contoh-contoh menu sehat dan bergizi
 Jangan lewatkan: